Kamis, 29 Agustus 2013

MODUL 2 KONSEP-KONSEP DASAR ILMU SEJARAH

Mata Pelajaran                                      : Sejarah
Kelas/Jurusan                                        : X.IPS
Waktu                                                   : 2 x 45 menit

I.Standar Kompetensi                           : Memahami Prinsip Dasar Ilmu Sejarah
II.Kompetensi Dasar                            : Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah
III.Indikator                                         : - Mendeskripsikan konsep perioderisasi, kronologi, kronik dan
                                                                 historiografi dalam ilmu sejarah
                                                              - Menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis sejarah

A.Pengantar
 Ilmu sejarah mempelajari peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa lampau, sekarang dan akan datang.Kita harus menyadari bahwa rangkaian peristiwa sejarah sejak awal adanya manusia sampai sekarang adalah peristiwa yang berkelanjutan atau berkesinambungan (continuty).Roeslan Abdul Ghani mengatakan bahwa ilmu sejarah ibarat penglihatan terhadap tiga dimensi, yaitu pertama penglihatan ke masa silam, kedua ke masa sekarang dan ke tiga ke masa depan (to study history is to study the past to built the future).

B.Tujuan
Setelah mempelajari modul ini kalian diharapkan mampu :1)mendeskripsikan konsep perioderisasi, kronologi, kronik dan historiografi dalam ilmu sejarah dan 2)menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis sejarah

C.Uraian Materi
1.Konsep-konsep dalam ilmu sejarah
  • Perioderisasi adalah pembabakan atau pembagian peristiwa sejarah berdasarkan zaman atau masanya.Dibuatnya konsep perioderisasi dalam ilmu sejarah bertujuan untuk mempermudah pemahaman dan pembahasan sejarah yang rangkain peristiwanya sangat panjang
  • Kronologi adalah penyusunan peristiwa sejarah berdasarkan urutan waktu kejadian.Peristiwa sejarah selalu berlangsung sesuai dengan urutan waktu sehingga peristiwa-peristiwa sejarah tidak terjadi secara melompat-lompat urutan waktunya, atau bahkan berbalik urutan waktunya (anakronis).Dibuatnya kronologi dalam ilmu sejarah bertujuan  untuk memperjelas dan merinci terjadinya peristiwa sejarah sehingga tidak terjadi tumpang tindih antara satu peristiwa dengan peristiwa lain.
  • Kronik adalah kumpulan catatan perjalanan  musafir Cina, yang dapat digunakan sebagai sumber sejarah.Kronik disusun berdasarkan urutan kejadian tanpa  memberi penjelaskan tentang hubungan sebab akibat antar peristiwa tersebut.
  • Historiografi adalah proses penulisan sejarah bertolak dari fakta-fakta  yang teruji
2.Jenis-jenis Sejarah

   A.Jenis sejarah berdasarkan WILAYAH  Pembahasannya/Dampak
  1. Sejarah Lokal adalah peristiwa yang terjadi di suati daerah/lokal tertentu dan dampaknya tidak menyebar ke daerah lain. Sejarah lokal meliputi berbagai peristiwa dengan berbagai aspek baik politik, ekonomi, sosial, budaya , dsb yang berkembang di masyakarat dalam suatu wilayah.
  2. Sejarah Nasional adalah peristiwa yang terjadi di suatu daerah tetapi dampak/pengaruhnya terjadi pada daerah lain bahkan pada satu negara (nation).Sejarah nasional merupakan puncak dari sejarah-sejarah di tingkat lokal.
  3. Sejarah Dunia atau Internasional adalah peristiwa sejarah yang terjadi di suatu daerah mauoun negara yang dampaknya mempengaruhi perkembangan dunia internasional.
   B.Jenis sejarah berdasarkan TEMA
  1. Sejarah Politik adalah peristiwa sejarah yang digerakan dan disebabkan oleh adanya berbagai hal yang berkaitan dengan masalah-masalah politik, faktor politik, dan kehidupan politik.Sejarah politik biasanya membahas mengenai tokoh-tokoh besar, perkembangan ketatanegaraan, sistem pemerintahan ,struktur kekuasaan, kepemimpinan, peranan elit ,jaringan politik, dan mobilisasi sosial dan lain-lain..
  2. Sejarah Sosial adalah sejarah yang membahas mengenai berbagai masalah sosial yang muncul dan berkembang di masyarakat.Selain itu membicarakan mengenai golongan masyarakat, kehidupan masyarakat sehari-hari , gerakan sosial, dan lain-lain.
  3. Sejarah Ekonomi adalah sejarah yang memfokuskan kejiannya pada masalah-masalah ekonomi dan konsep-konsep ekonomi.Sejarah ekonomi dapat pula diartikan sebagai studi mengenai kejadian-kejadian perekonomian di masa lampau.
  4. Sejarah Kebudayaan adalah sejarah mengenai kehidupan manusia yang berhubungan dengan kebudayaan, seperti haknya mengenai benda-benda yang digunakan manusia, kegiatan upacara adat, gaya hidup dan siklus kehidupan manusia.
  5. Sejarah Intelektual adalah sejarah yang mengkaji mengenai gagasan, ide,cara berpikir manusia pada masa lampau.Biasanua kajian mengenai politik (seperti :kapitalisme,liberisme,kumunisme, dan lain-lain).
Tugas Modul 2
1.Sebutkan dan jelaskan contoh-contoh  dari konsep sejarah :
   a.Prioderisasi
   b.Kronologi
   c.Kronik
   d.Historiografi
2.Berilah contoh secara fakta jenis sejarah berdasarkan :
   a.Tema : 1.Sejarah Politik
                 2.Sejarah Ekonomi
                 3.Sejarah Sosial
                 4.Sejarah Intelektual
                 5.Sejarah kebudayaan
    b.Wilayah : 1.Sejarah Lokal
                      2.Sejarah Nasional
                      3.Sejarah Dunia/Internasional

3.Coba kalian amati gambar berikut :
   Tugas kalian adalah mendeskripsikan gambar tersebut hingga menggambarkan peristiwa sejarah dunia
   yang berpengaruh terhadap Indonesia  (masuk unsur-unsur kronologis, perioderisasi, 
   historiografi,sejarah  berdasar Tema dan wilayah)

 VOC 1602
 Van Den Bosch
 Perang Diponogoro
 Proklamasi Kemerdekaan
Presiden RI

Semua jawaban dikirimkan ke email  a9us_kurn1a@yahoo.com





































































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar